Kamis, 06 Agustus 2009

CARA AFDRUK

PERLENGKAPAN AFDRUK :
  • Obat afdruk : ULANO 133 , Untuk basis minyak. ULANO TZ , Untuk basis air.
  • Penghapus : ULANO 5 ,REMOVER, atau CAPORITE.
  • Kaca bening : Ukuran lebih besar dari pada screen. Tebal . 5 mm - 8 mm.
  • Papan alas : Bisa dari multyplek, tebal . 12 mm - 18 mm. ukurannya sama dengan kaca.
  • Busa karet : Tebal bisa 8 cm, yang terpenting tebalnya melebihi dari pada tebal screen.
  • Hair dryer : Untuk pengering obat di screen, bisa juga memakai kompor. Kipas angin
  • Spryer : Untuk pengembang gambar.
  • Alat pengoles obat : Bisa dari akrilik atau beli yang sudah jadi.
  • Lampu neon : Afdruk menggunakan lampu. 20 w 2 biji.
CARA AFDRUK :
-
Menggunakan Ulano : Emulsi dicampur dengan cairan sensitizer, diaduk secara pelahan - lahan sampai benar - benar rata dengan alat pengaduk yang bersih.

- Screen basahi dahulu dengan air biasa pada bolak balik screen,kemudian oleskan sabun colek, dengan kuas secara merata, lalu semprot dengan air bersih,kemudian screen di keringkan. dengan cara dicuci yaitu untuk menghilangkan noda atau lemak yang menempel pada kain screen.

- Pengolesan ( coating ) : Gunakan coater atau bisa juga dari potongan akrilik untuk mengoleskan Ulano diatas kain screen,bagian luar 2 kali,dan bagian dalam 3 kali, baru dikeringkan dengan hair dryer atau kipas angin atau kompor yang terlebih dahulu diberi penutup seng bagian atasnya. dan harus ditempat yang agak gelap.

- Masukan busa kedalam screen, letakan diatas papan, kemudian film positif sablon di letakan diatas kain screen dengan cara terbalik, kemudian kaca ditindihkan diatasnya, pegang papan dengan jari - jari dan ibu jari menekan permukaan kaca, posisi nya tangan dikanan kiri, lalu bawa keluar untuk disinarkan ke matahari,posisi screen harus mengarah ke matahari, dengan hitungan 10 detik apabila matahari cerah, dan bila redup bisa 15 -20 detik.Lalu bawa masuk lepaskan semuanya tinggal screen dibawa untuk diguyur dengan air luar dan bagian dalamnya, Kemudian semprot dengan sprayer, screen diarahkan ketempat terang agar terlihat apakah sudah tembus atau masih ada gambar yang belum tembus.Kemudian screen ditiriskan , setelah kering ditusir, dengancara diatas kaca yang dibawahnya diberi penerangan lampu neon ,Pakailan sisa obat untuk menusir dengan sundip kecil yang ujungnya dipipihkan, Apabila untuk basis air, sebelum dipakai oleskan obat penguat Ulano X catalys, lalu jemur selama 3 jam.Cara afdruk ini untuk basis air dan basis minyak adalah sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar